AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6, No 2 (2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 7 PALU PADA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR

Mecawati, Niluh Putu Ayu (Unknown)
Rochaminah, Sutji (Unknown)
Bakri, Bakri (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2017

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 7 Palu pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian  mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (a) perencanaan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi dan (d) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E SMP NEGERI 7 PALU yang berjumlah 20 orang  yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data aktifitas guru dalam mengola pembelajaran, data aktifitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, data hasil tes awal dan data hasil tes akhir tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT  yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi bentuk aljabar, yang mengikuti fase-fase NHT dengan kegiatan berikut: 1) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, 2) menyajikan  materi operasi bentuk aljabar, 3) mengorganisasikan siswa dalam empat  kelompok belajar, 4) memberikan nomor kepada setiap siswa, 5) membagikan LKS ke setiap kelompok, 6) mengamati siswa mengerjakan LKS dan memberikan bantuan terhadap siswa yang mengalami kesulitan mengerjakan soal, 7) menyebutkan  satu nomor kemudian siswa yang mempunyai nomor kepala sesuai nomor yang di sebutkan  mempresentasikan di depan kelas dan siswa yang mempunyai nomor kepala yang sama dari kelompok lain menangapinya, 8) memberikan penghargaan kepada kelompok yang memperoleh skor perkembangan tertinggi. Kata Kunci: Pembelajaran Koopertif Tipe NHT , Hasil Belajar, Operasi Hitung Bentuk Aljabar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

AKSIOMA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Terbit pada bulan Maret dan September setiap tahun serta nomor suplemen bila dimungkinkan. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian atau kajian analisis kritis di bidang pendidikan matematika dan atau ...