Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains
Vol 3, No 1 (2016): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains

Strategi Belajar Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 1 Gunung Tuleh Sumatera Barat

Hamida, Sadra (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2016

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Gunung Tuleh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa sebagai hasil dari aplikasi strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer. Jenis penelitian ini adalah kuasi penelitian eksperimental dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah desain kelompok kontrol acak. Teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Gunung Tuleh terdiri dari dua kelas. Hasil pembelajaran menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen XI IPA 1 75,70 dan kelas kontrol XI IPA 2 61,59. Kemudian hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh thitung = 3,27 > ttabel = 2,01 maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Kesimpulannya adalah pengaruh aplikasi strategi pembelajaran aktif tipe Memberi Pertanyaan dan Mendapatkan Jawaban terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMAN 1 Gunung Tuleh.Kata Kunci: Memberikan Pertanyaan dan Mendapatkan Jawaban, Pembelajaran Aktif

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jfres

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JRFES is a media or forum to publish the research on physics research and physics education. JRFES is focused on publishing original research that have not been published anywhere. Issues published by JRFES cover the field of pure physics, it could also be about educational physics such as planning, ...