Penelitian ini didorong oleh rendahnya hasil belajar dan kurang tertarik terhadap pembelajaran fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pencocokan lebih baik daripada hasil belajar siswa kelas XI SMA N 14 Padang. Instrumen tersebut adalah uji domain kognitif pada tes akhir dan lembar observasi siswa sebagai uji domain afektif. Teknik analisis data hasil fisika siswa dengan uji t sebagai uji domain kognitif. Nilai rata-rata uji akhir pada kelas eksperimen adalah 85,53 dan pada kelas kontrol adalah 71,20. Sedangkan pada domain afektif, nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 75,60 dan pada kelas kontrol adalah 69,17. Berdasarkan nilai rata-rata pembelajaran fisika, maka disimpulkan bahwa hasil belajar fisika siswa dengan menerapkan metode matching atau kecocokan lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas XI SMAN 14 Padang.Kata kunci: Pembelajaran Fisika, Metode Kecocokan, Hasil Studi Fisika.
Copyrights © 2016