Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang terlibatkannya siswa dalam menemukan fakta, konsep, dan prinsip fisika dalam LKS konvensional, yang membuat siswa mendapatkan hasil belajar yang rendah. Peneliti berinovasi menggunakan LKS berdasarkan tuntunan membimbing yang memecahkan masalah yang diberikan oleh guru. Jenis penelitian ini adalah percobaan kuasi dengan desain kelompok kontrol posttest saja. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan uji hipotesis menggunakan uji t. Kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata tes akhir yaitu 80,57 dan persentase aktivitas siswa tersebut 72,38% dan kelas kontrol adalah 72,32 dan 59,11%. Penelitian ini menunjukkan hasil belajar fisika siswa yang bagus dengan menggunakan LKS pada materi kerja dan energi di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Pasaman. Kata kunci : LKS, Inkuiri terbimbing, Hasil Belajar siswa
Copyrights © 2016