Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains
Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains

PENGARUH PENGGUNAAN LKS BERBASIS GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIPA SMA

Kurniawan, Rudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2016

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang terlibatkannya siswa dalam menemukan fakta, konsep, dan prinsip fisika dalam LKS konvensional, yang membuat siswa mendapatkan hasil belajar yang rendah. Peneliti berinovasi menggunakan LKS berdasarkan tuntunan membimbing yang memecahkan masalah yang diberikan oleh guru. Jenis penelitian ini adalah percobaan kuasi dengan desain kelompok kontrol posttest saja. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan uji hipotesis menggunakan uji t. Kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata tes akhir yaitu 80,57 dan persentase aktivitas siswa tersebut 72,38% dan kelas kontrol adalah 72,32 dan 59,11%. Penelitian ini menunjukkan hasil belajar fisika siswa yang bagus dengan menggunakan LKS pada materi kerja dan energi di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Pasaman. Kata kunci : LKS,  Inkuiri terbimbing, Hasil Belajar siswa

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jfres

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JRFES is a media or forum to publish the research on physics research and physics education. JRFES is focused on publishing original research that have not been published anywhere. Issues published by JRFES cover the field of pure physics, it could also be about educational physics such as planning, ...