Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains
Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains

PENGARUH PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XII IPA MAN 1 PESISIR SELATAN

Meki, Septika Ulan (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada kurangnya interaksi siswa dalam proses belajar mengajar yang membuat siswa tidak memahami konsep fisik. Untuk menyelesaikan masalah di atas, solusinya adalah menerapkan metode pembelajaran pemecahan masalah. Instrumen berupa uji domain kognitif dalam tes akhir, lembar observasi siswa sebagai uji domain afektif. Belajar otcome dalam domain kognitif yang diperoleh, nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 55,14 dan kelas kontral 46,24. Hasil aktivitas domain afektif menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, yaitu 82,65 untuk kelas eksperimen dan 71,91 untuk kelas kontrol. Singkatnya, ada pengaruh menggunakan metode pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar fisik XII IPA MAN 1 Pesisir Selatan.Kata Kunci: Pembelajaran Fisika, Problem Solving Learning, Hasil Belajar Fisika.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jfres

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JRFES is a media or forum to publish the research on physics research and physics education. JRFES is focused on publishing original research that have not been published anywhere. Issues published by JRFES cover the field of pure physics, it could also be about educational physics such as planning, ...