Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains
Vol 3, No 1 (2016): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DISERTAI QUIZ TEAM PADA PEMAHAMAN KONSEP FISIKA KELAS VIII SMP NEGERI 22 PADANG

Puspa, Melia (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar fisika siswa yang masih rendah. Hal itu disebabkan beberapa siswa dalam proses belajar yang kurang aktif. Oleh karena itu, proses pembelajaran diaplikasikan, dengan menggunakan model pembelajaran langsung oleh tim kuis. Jenis penelitian adalah percobaan kuasi, dengan desain kelompok kontrol posttest saja. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Menurut hasil uji hipotesis dengan uji Mann Withney diperoleh Z_hitung = 2,43> Z_tabel = 1,76, maka H_0 ditolak. Selain data yang diperoleh dari hasil uji akhir ada juga data hasil belajar dari domain afektif. Persentase rata-rata hasil belajar afektif siswa kelas eksperimen adalah 72,38% sedangkan kelas kontrol 60,10%. Berdasarkan hasil analisis uji akhir dan data domain afektif yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa ditemukan hasil pembelajaran fisika siswa kelas VIII SMPN 22 Padang yang menerapkan model pembelajaran langsung disertai Tim Kuis.Kata kunciĀ  Pembelajaran Langsung, Tim kuiz, Hasil pembelajaran siswa

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jfres

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JRFES is a media or forum to publish the research on physics research and physics education. JRFES is focused on publishing original research that have not been published anywhere. Issues published by JRFES cover the field of pure physics, it could also be about educational physics such as planning, ...