Penelitian ini dimotivasi oleh proses belajar yang masih didominasi oleh guru pusat dan juga stunden cenderung bersifat pasif. Hal ini menyebabkan rendahnya proses belajar fisika di kelas dua SMPN 25 Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode diskusi tipe buzz group dengan kuis pada hasil belajar fisika kelas II SMP N 25 Padang. Penelitian ini merupakan percobaan kuasi dengan desain kelompok kontrol postest dan menggunakan cluster random sampling. Hasil analisis kuis rendah dikategorikan yaitu kelas eksperimen rata-rata adalah 20,35, sedangkan kelas kontrol rata-rata adalah 23,80. Hasil analisis uji akhir dengan menggunakan uji t, yaitu t = 5,38 dengan kriteria -0,05 dan 2,05 sehingga diperoleh data -2,05 <5,38> 2,05. lalu H0 ditolak. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh metode diskusi tipe buzz group dengan kuis terhadap hasil belajar fisika kelas II SMP N 25 Padang. Kata kunci: Buzz Group, kuis, hasil belajar
Copyrights © 2017