Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains
Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains

PENERAPAN METODE DISKUSI TIPE BUZZ GROUP DISERTAI KUIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMP N 25 PADANG TAHUN AJARAN 2016/2017

Okdriani, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2017

Abstract

Penelitian ini dimotivasi oleh proses belajar yang masih didominasi oleh guru pusat dan juga stunden cenderung bersifat pasif. Hal ini menyebabkan rendahnya proses belajar fisika di kelas dua SMPN 25 Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode diskusi tipe buzz group dengan kuis pada hasil belajar fisika kelas II SMP N 25 Padang. Penelitian ini merupakan percobaan kuasi dengan desain kelompok kontrol postest dan menggunakan cluster random sampling. Hasil analisis kuis rendah dikategorikan yaitu kelas eksperimen rata-rata adalah 20,35, sedangkan kelas kontrol rata-rata adalah 23,80. Hasil analisis uji akhir dengan menggunakan uji t, yaitu t = 5,38 dengan kriteria -0,05 dan 2,05 sehingga diperoleh data -2,05 <5,38> 2,05. lalu H0 ditolak. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh metode diskusi tipe buzz group dengan kuis terhadap hasil belajar fisika kelas II SMP N 25 Padang. Kata kunci: Buzz Group, kuis, hasil belajar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jfres

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JRFES is a media or forum to publish the research on physics research and physics education. JRFES is focused on publishing original research that have not been published anywhere. Issues published by JRFES cover the field of pure physics, it could also be about educational physics such as planning, ...