As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan
Vol 6, No 1 (2017): PENDIDIKAN & EKONOMI KREATIF

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SQ3R

Mahdawati, Baiq Corlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2018

Abstract

Penelitian ini menunjukkan hasil penelitian yang berusaha untuk memecahkan masalah membaca pemahaman yang dihadapi oleh siswa di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Lampung Tengah. Untuk tujuan tersebut, 40 siswa dipilih sebagai subjek. Metodology penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih tiga siklus. Berdasarkan dari hasil tes membaca pemahaman siswa, temuan menunjukkan bahwa penggunaan metode SQ3R memiliki pengaruh yang positif pada peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa SQ3R merupakan metode yang efektif untuk mengajarkan membaca pemahaman kepada subjek. Keyword: Metode, Membaca, SQ3R

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

assalam

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan Mengkaji berbagai macam problematika yang berkaitan dengan Hukum & Pendidikan yang terjadi di masyarakat. Redaksi As-Salam mengundang para peminat kajian keislaman dan pendidikan untuk menulis dan melaporkan penelitinya dengan tema yang relevan ...