Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan numerik dan verbal secara bersama-sama terhadap kemampuan berpikir kritis matematika, mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan numerik terhadap kemampuan berpikir kritis, dan mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan verbal terhadap kemampuan berpikir kritis matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan jumlah sampel sebanyak 36 siswa yang terdapat di SMAN 11 Depok. Pegujian hipotesis menggunakan anova dua jalur dan melihat seberapa besar regresi dan korelasinya. Hasil dari penelitianini adalah terdapat pengaruh antara kemampuan numerik dan verbal secara bersama terhadap kemampuan berpikir kritis matematika, terdapat pengaruh kemampuan numerik terhadap kemampuan berpikir kritis matematika, dan terdapat pengaruh kemampuan verbal terhadap kemampuan berpikir kritis matematika. Kata Kunci : Kemampuan numerik, verbal, berpikir kritis matematika
Copyrights © 2016