AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
Vol 6, No 2: Desember 2016

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TGT DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF, DAN SOSIAL SISWA

Anggoro, Rostien Puput ( Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP UAD, Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan keefektifan model kooperatif tipe STAD dan TGT dengan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika, 2) Membandingkan keefektifan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe TGT dengan pendekatan kontekstual dengan pembelajaran konvensional, dan 3) Membandingkan keefektifan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TGT dengan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika, ditinjau dari kemampuan kognitif, dan sosial siswa.Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest non-equivalent group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes kemampuan kognitif matematika, dan angket kemampuan sosial siswa. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa: 1) pembelajarankooperatiftipeSTADdanTGT dengan pendekatan kontekstual efektif pada kemampuan kognitif dan kemampuan sosial siswa, sedangkan pembelajaran konvensional tidak efektif pada kemampuan kognitif dan kemampuan sosial siswa, 2) Terdapat perbedaan keefektifan antara pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TGT dengan pendekatan kontekstual dengan pembelajaran konvensional, serta tidak terdapat perbedaan keefektifan antara pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran kooperatif tipe TGT, ditinjau dari kemampuan kognitif, dan sosial siswa, dan 3) pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih efektif daripada pembelajaran konvensional,ditinjau dari kemampuan kognitif, dan sosial siswa. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif tipe STAD,Pembelajaran kooperatif tipe TGT,pembelajaran konvensional, kemampuan kognitif, dan kemampuan sosial.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

AdMathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Admathedu is a peer-reviewed open access journal published twice in a year (June and December) since 2011. The Admathedu aims to provide an national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to mathematics ...