Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 35, No 1 (2018): April 2018

PENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA PGSD DALAM PERKULIAHAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KONSERVASI NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PENERAPAN METODE TASK BASED ACTIVITY DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL

Nuryanto, Sukarir (Unknown)
Abidin, A. Zaenal (Unknown)
Setijowati, Umi (Unknown)
Sismulyasih, Nugraheti (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penerapan metode Task-Based Activity (TBA) untuk meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa PGSD dalam mata kuliah bahasa Indonesia yang berbasis konservasi nilai-nilai karakter (kesantunan berbahasa dan kearifan lokal), di jurusan PGSD, FIP, UNNES. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa PGSD dalam berbicara bahasa Indonesia dengan menerapkan task-based activity berbasis konservasi nilai-nilai karakter, dan (2) untuk mendeskripsikan respon mahasiswa PGSD dalam perkuliahan “berbicara” bahasa Indonesia dengan diterapkannya task-based activity berbasis konservasi nilai-nilai karakter. Penelitian ini merupakan pengkajian empirik yang dapat digolongkan ke jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Subyek penelitiannya yaitu dosen dan mahasiswa PGSD semester 3 rombel 1 (B) yang berjumlah 42 orang. Berdasarkan skor hasil tes mahasiswa, terlihat adanya suatu peningkatan yang bagus dari fase identifikasi masalah sampai pada siklus 2. Fase identifikasi masalah, nilai rerata mahasiswa secara klasikal adalah 4,5 yang berada pada kategori kurang. Dari nilai ini, hanya 6 (23%) orang yang mendapatkan skor lebih besar daripada atau sama dengan 6, sedangkan sisanya (77%) mendapatkan skor kurang daripada 5. Ssiklus 1 rerata keterampilan berbicara mahasiswa PGSD UNNES adalah 6,92; dari nilai tersebut diketahui bahwa ke-26 mahasiswa (100%) mahasiswa mendapatkan skor sama dengan atau lebih besar dari 6. Siklus 3 skor rerata keterampilan berbicara mahasiswa meningkat menjadi adalah 7,54. Berdasarkan nilai tersebut diketahui bahwa 100% siswa mendapatkan skor sama dengan atau lebih besar dari 6

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Education

Description

This journal publishes original articles on the latest issues and trends occurring internationally in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal also covers the issues ...