Media Akademika
Vol 29, No 3 (2014)

Peran Intervensi Gizi dan Rangsangan Pendidikan dalam Pengembangan Anak Usia Dini

Hurmaini, M ( IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2016

Abstract

Pengembangan Anak Usia Dini dalam kaitan dengan pengembangan Sumber Daya Manusia guna membangun masa depan bangsa yang lebih baik. Pengembangan ini mencakup aspek gizi, kesehatan, dan pendidikan. Aspek ini harus dipandang sama pentingnya, hendanya telah dilakukan secara intensif, holistic-integratif sejak anak dilahirkan. Teori belajar holistic menyatakan bahwa bangunan pengetahuan tidak hanya terdiri dari atas pengetahuan eksplisit, implisit, dan emansipatif, namun juga tiga jenis lapisan ilmu pengatahuan pondasi, orientasi, dan manifestasi. Ketiga ini menunjukkan adanya suatu kekuatan yang menuntun proses pembelajaran anak usia dini. Peran gizi di dalam proses pertumbuhan dan perkembangan otak anak usia dini sangatlah menentukan kualitas anak. Fungsi pendidikan bagi anak usia dini, tidak hanya sekedar untuk memberikan berbagai pengalaman belajar seperti orang dewasa juga berfungsi mengoptimalkan perkembangan kapabilitas kecerdasannya. Kata Kunci: peran gizi, pendidikan, pengembangan anak usia dini.

Copyrights © 2014