Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA semester I tahun pelajaran 2013/2014 dan bertujuan untuk menentukan berapa besar peningkatan hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran IPA melalui metode kerja kelompok. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VI tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan pemberian tes. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dikategorikan cukup dengan persentase 50%, mengalami peningkatan pada siklus II dengan kategori sangat baik dengan persentase 88,89%. Hasil belajar pada pra tindakan yaitu daya serap klasikal 64,66% dan ketuntasan belajar klasikal 46,66%. Hasil belajar pada tindakan siklus I yaitu daya serap klasikal 69,33% dan ketuntasan belajar klasikal 60%. Hasil belajar pada tindakan siklus II daya serap klasikal 80,67% dan ketuntasan belajar klasikal 90%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode kerja kelompok dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Omu. Kata kunci: Pembelajaran IPA; Metode Kerja Kelompok dan Hasil Belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017