Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 5, No 10 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Bagi Siswa Kelas IV SD 6 Bangkir Melalui Metode Kooperatif Tipe Student Team Learning

Mustari, Mustari (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2017

Abstract

Kemampuan menulis paragraf siswa kelas IV SD 6 Bangkir dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia sangat rendah. Hasil belajar dari 26 siswa, hanya 33,3% yang memiliki taraf ketuntasan penguasaan menulis paragraf pada observasi awal atau pra siklus. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STL dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SD 6 Bangkir dalam menulis paragraf. Lokasi penelitian di SD 6 Bangkir dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 26 orang. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan tes, observasi, dan catatan lapangan. Data dianalisa secara deskriptif prosentase dan deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian Tindakan Kelas membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Learning dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis paragraf. Nilai rata-rata kelas meningkat dari 33,3 % pada pra penelitian menjadi 61,5% pada siklus I, atau meningkat 28,2% dan meningkat lagi menjadi 88,1% pada siklus II, atau meningkat 26,6% dan memenuhi indikator keberhasilan tindakan kelas bahkan melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal Pelajaran Bahasa Indonesia di SD 6 Bangkir. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Learning dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf siswa kelas IV SD 6 Bangkir. Peneliti menyarankan kepada para guru agar menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Learning sebagai variasi dalam proses pembelajaran. Dengan ketuntasan klasikal yang dicapai tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode kooperatif tipe Student Team Learning dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf siswa kelas IV SD 6 Bangkir. Kata Kunci: Paragraf, Kooperatif, Student Team Learning, SD 6 Bangkir.

Copyrights © 2017