Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menulis permulaan dengan menggunakan gambar seri di kelas II SDN Lalong. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis permulaan di kelas II SDN Lalong. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Lalong. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes, observasi. Analisis data kuantitatif melalui pencarian rata-rata kemampuan siswa, menulis permulaan gambar seri. Dari hasil analisis diperoleh gambaran bahwa kemampuan menulis permulaan mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (60%), siklus II (84%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah  menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa kelas II SDN Lalong. Kata Kunci: Kemampuan Menulis Permulaan, Menggunakan Gambar Seri
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017