Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako
Vol 3, No 4 (2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE, INTEGRATED, READING AND COMPOSTISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII PERGAMUS SMP GAMALIEL PALU

Yanti, Puspa (Unknown)
Hamid, Abd. (Unknown)
Anggraini, Anggraini (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative, Integrated, Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII Pergamus SMP Gamaliel Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yaitu perencanaan, pelakasanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel di Kelas VIII Pergamus SMP Gamaliel Palu melalui fase-fase yaitu: orientasi; organisasi; pengenalan konsep; publikasi; serta penguatan dan  refleksiKata Kunci: CIRC, hasil belajar, soal cerita sistem persamaan linear dua variabel

Copyrights © 2016