Dalam kacamata manajemen operasi, kapabilitas strategik mendukung danmembentuk strategi korporat, dan, pada gilirannya, akan membantu kesuksesanperusahaan dalam persaingan. Tujuan dari artikel berikut adalah untuk mengujihubungan antara kapabilitas pemanufakturan strategik pada perusahaan-perusahaanmanufaktur di Indonesia. Survei dilakukan menggunakan kuesioner berbasis internet danuji statistik, dalam hal ini Structural Equation Modeling (SEM), digunakan untukmemahami konsep ini.Analisis terhadap data yang diperoleh menunjukkan bahwa kapabilitas qualitymenjadi basis bagi kapabilitas delivery, yang juga menjadi basis bagi kapabilitasflexibility dan cost. Apakah kapabilitas tersebut dicapai secara eksklusif ataupun secarasimultan, terlihat adanya keterkaitan dengan implementasi sejumlah program peningkatantertentu. Pola umum dari akumulasi kapabilitas tersebut dapat digunakan untukmengestimasi perilaku potensial maupun cara kerja yang lebih inovatif.Keywords: manufacturing capabilities, strategic manufacturing, resource-based view
Copyrights © 2007