Umat Islam dewasa ini telah mengalami kemeresotan dalam pemahaman agamanya yang merupakan salah satu penyebab kemudharatan umat. Faktor utama penyebab merosotnya kualitas umat Islam masa kini adalah minimnya pemahaman tentang agama mereka sendiri yakni tentang ilmu Din Islam. Ilmu Din Islam adalah  ilmu yang bersumber dari Al Quran dan As Sunnah sesuai dengan pemahaman salafussholeh, yang apabila umat berpegang teguh dengannya, maka tidak akan ada yang mampu menyesatkannya. Seiring dengan hal tersebut, berdirinya berbagai Ormas (Organisasi Masyrakat) Islam yang berafiliasi dalam satu tujuan yakni mendidik umat agar kembali kepada Al Quran dan Sunnah sesuai dengan pemahaman Salafus Sholeh, menjadi salah satu faktor utama yang mendukung tersebarnya dakwah (kebaikan) dan tingginya minat masyarakat untuk kembali mempelajari Dinnul Islam hingga pada tingkat Perguruan Tinggi. Sejalan dengan hal tersebut, Perencanaan sebuah Perguruan Tinggi yang memiliki fungsi sebagai tempat pembelajaran Dinul Islam, mestilah mempertimbangkan berbagai aspek termaksud memperhatikan keberlangsungan kerangka perencanaan dan arsitektur yang kontekstual termaksud hubungan dengan lingkungan. Olehya itu dibutuhkan suatu konsep kampus yang sustiniable (berkelanjutan) dengan tujuan merencanakan kampus yang hemat dalam penggunaan sumber daya alam, energy dan kebutuhan air. Permasalahan pada perancangan ini meliputi bagaimana menetukan lokasi dan tapak, ruang yang sesuai syariat Islam dan penerapan penghematan energy pada desain. Dengan menggunakan metode analisa deskriptif, Penelitian ini mengumpulkan data dan mengelompokannya serta menganalisa hal yang berkaitan dengan Sekolah Tinggi Islam dan Kampus yang sustanaible hingga mendapatkan rancangan yang Islami  yakni dengan menerapkan nilai-nilai keIslaman dalam desain dan Penghematan Energi melalui dsain pasif dari bangunan dan kawasan agar dapat memanfaatan potensi alam secara baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016