Quagga
Vol 8, No 2 (2016)

IMPLEMENTASI DIMENSI BELAJAR MARZANO TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 CIAWIGEBANG PADA MATERI EKOSISTEM

Nurdina Rosa (Universitas Kuningan)
Anna Fitri Hindriana (Universitas Kuningan)
Handayani Handayani (Universitas Kuningan)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2016

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena proses pembelajaran yang masih bersifat teacher center serta terdapat persepsi negatif siswa dalam pembelajaran. Disamping itu, kurangnya mengintegrasikan dan mengembangkan pengetahuan menyebabkan pembelajaran kurang memiliki makna. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya penguasaan konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dimensi belajar Marzano terhadap kemampuan penguasaan konsep siswa kelas VII SMP Negeri 4 Ciawigebang pada materi ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi experiment yang dirancang dengan menggunakan desain posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 4 Ciawigebang Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 4 kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dengan menggunakan tes objektif pilihan ganda, metode observasi  dan angket. Hasil data kuantitatif kemampuan penguasaan konsep siswa kelas eksperimen sebesar 70,6 yang mencapai kriteria ketuntasan minimum yakni sebesar 70  sedangkan kelas kontrol sebesar 62,4. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t didapatkan p 0,05 yaitu 0,000 0,05 yang artinya implementasi dimensi belajar Marzano dapat berpengaruh terhadap kemampuan penguasaan konsep siswa kelas VII SMP Negeri 4 Ciawigebang pada materi ekosistem.Kata Kunci :  Dimensi Belajar Marzano, Penguasaan Konsep.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education

Description

The Quagga Journal (p-ISSN 1907-3089; e-ISSN 2615-5869) is a journal managed by the Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education Universitas Kuningan (FKIP UNIKU). This journal is issued twice a year (January and July) publishing articles from analytical studies ...