Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada konsep spesiasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen (quasi-experimental research) dengan subjek penelitian mahasiswa prodi pendidikan biologi sebanyak dua kelas terdiri dari 1 kelas eksperimen dengan menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan 1 kelas kontrol dengan menggunakan Pembelajaran Pemecahan Masalah. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah The Matching-only Pretest-Posttest Control Group Design . Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Hasil uji t kemampuan berpikir kritis menunjukkan signifikasi 0,000 0,05, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap kemampuan berpikir kritis. Indeks gain kemampuan berpikir kritis = 0,463 termasuk kategori sedang. Hampir seluruhnya (75%) tanggapan mahasiswa pada pembelajaran spesiasi melalui pembelajaran berbasis masalah adalah positif.  Kata kunci : Kemampuan berpikir kritis, pembelajaran berbasis masalah, konsep spesiasi.
Copyrights © 2017