IKHTISAR: Pendidikan Islam muncul dan berkembang di Nusantara sejak Islam masuk ke kepulauan ini yang dibawa oleh kaum sufi atau pedagang dari Timur Tengah, yang kemudian hidup membaur dengan penduduk lokal. Ketika membaur itulah berlangsung transmisi Islam yang diterima oleh penduduk lokal melalui proses penyesuaian dengan tata-cara hidup dan tradisi yang telah mereka jalankan sebelumnya. Pendidikan Islam, kemudian, menjadi sebuah upaya terstruktur yang dijalankan umat dalam rangka mewujudkan transmisi ilmu pengetahuan keislaman di lembaga-lembaga pendidikan. Artikel ini bertujuan mendeskripsikan potret pendidikan Islam di Indonesia sejak awal kemerdekaan sampai dewasa ini. Tentu dalam rentang waktu yang panjang itu telah terjadi berbagai perubahan dan dinamika, serta konstelasi politik yang mempengaruhi arah kebijakan negara terhadap pendidikan Islam. Hal ini tidak dapat dihindari karena persoalan kebijakan pendidikan adalah merupakan keputusan politik. Namun perubahan pola dan sistem pendidikan Islam, dari yang bersifat tradisional seperti pesantren sampai madrasah yang bersifat modern, adalah merupakan respons terhadap modernisasi pendidikan Islam dan perubahan sosial, ekonomi, dan masyarakat Islam.KATA KUNCI: Pendidikan Islam, transmisi Islam, kaum sufi, pesantren, madrasah, modernisasi pendidikan Islam, dan perubahan sosial.ABSTRACT: This paper entitled âIslamic Education in Historical Journey:Â A Political Study of Education in Indonesiaâ. Islamic education emerged and developed in the archipelago since Islam entered the archipelago brought by the Sufis or traders from the Middle East, which then living mingle with the local population. Diffuse transmission that takes place when Islam is accepted by the local people through the process of adjusting to the way of life and traditions they have run before. Islamic education, then, became a race run structured effort in order to realize the transmission of Islamic science in educational institutions. This article aims to describe the portrait of Islamic education in Indonesia since the early days of independence until today. Certainly in the long span of time there have been many changes and dynamics, as well as the political constellation that affect state policy towards Islamic education. This is unavoidable because of the issue of education policy is a political decision. However, changes in the pattern and Islamic educational system, from the traditional nature such as Islamic boarding school to the madrassas that are modern, is a response to the modernization of Islamic education and social change, economics, and Islamic societies.KEY WORD: Islamic education, transmission Islam, the Sufis, Islamic boarding schools, madrassas, Islamic education modernization, and social change.About the Author: Dr. Anzar Abdullah adalah Dosen di Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UVRI (Universitas Veteran Republik Indonesia), Kampus II, Jalan Baruga Raya, Antang, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Alamat emel: anzarabdullah91@yahoo.co.idHow to cite this article? Abdullah, Anzar. (2013). âPendidikan Islam Sepanjang Sejarah: Sebuah Kajian Politik Pendidikan di Indonesiaâ in SUSURGALUR: Jurnal Kajian Sejarah & Pendidikan Sejarah, Vol.1(2), September, pp.213-228. Bandung, Indonesia: Minda Masagi Press and UBD Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, ISSN 2302-5808. Chronicle of the article: Accepted (June 17, 2013); Revised (August 5, 2013); and Published (September 30, 2013).
Copyrights © 2013