Fokus Bisnis
Vol 15 No 1 (2016)

GAYA HIDUP HEDONISME TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN DI PASAR MODERN (Studi Pada Masyarakat Kabupaten Kebumen)

Wibawanto, Sigit (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat fenomena dengan gaya hidup hedonisme, tidak melihat dari tidak melihat faktor pendorong yang menimbulkannya. Penelitian ini hanya membahas pola gaya hidup dengan perilaku pembelian yang ditimbulkannya. Lingkup penelitian ini dibatasi pada gaya hidup hedonisme, yang mengacu pada teori Engel, dkk (1995) yaitu (activities), (interest), (opinion). Sedang perilaku pembelian masyarakat lingkup penelitian ini dibatasi pada dimensi skala shopping addiction yang dikembangkan Elizabeth E. Edwards yang disusun berdasarkan lima dimensi yaitu tendency to spend, drive to spend, feelings about shopping, dysfunctional spending¸ post-purchase guilt. Penelitian dilakukan di kabupaten Kebumen. Metode yang digunakan adalah metode survei, dengan membagikan kuesioner sebanyak 100 eksemplar kepada responden. Analisis yang digunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Dengan alat bantu analisis SPSS versi 23.0., hasilnya gaya hidup yang terdiri dari aktivitas (X1), minat (X2) dan opini (X3) berpengaruh signifikan terhadap shopping addiction (Y). Kesimpulannya unsur-unsur yang diakibatkan aktivitas, minat, dan opini masyarakat akan mendapatkan suatu perilaku pembelian yang abnormal dan membuat masyarakat mengeluarkan biaya untuk mendapatkan produk yang belum tentu sesuai kebutuhan, melainkan keinginan dan emosional dalam pengambilan keputusan pembeliannya

Copyrights © 2016