The purpose of this research was to determine the significant influence on the application of cooperative learning model type numbered head together to wards elemtary school social learning outcomes .This research was an experiment with non equivalent control group design. The instruments of the research used test. the data analysing technique used t-test pooled varians which was began by of normality test and homogenity test. The results of the research showed that the influence of cooperative learning model type numbered head together to wards elemtary school social learning outcomes with tcount 2,73 ttable 2,02 (with α = 0,05). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan signifikan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes. Teknik analisis data menggunakan uji statistik t-test pooled varians yang diawali dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar siswa dengant hitung 4,08 ttabel 2,02. Kata kunci: hasil belajar, IPS, NHT
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018