The problem in this research is the low learning result students class V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Srimulyo Natar. The purpose of this research is to know the influence and difference apply of cooperative learning model in Jigsaw type of tematic learning result students class V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Srimulyo Natar. The research method used was a quasi-experimen with non-equivalent control group design. The research of this study obtained conclusion the influence and difference apply of cooperative learning model in Jigsaw type of tematic learning result students class V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Srimulyo Natar Year 2018. Masalah dalam penelitian merupakan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Srimulyo Natar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh dan perbedaan penerapan model kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Srimulyo Natar. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan rancangan quasi-experimen metode non-equivalent control group design. Hasil penelitian ini diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh dan perbedaan penerapan model kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Srimulyo Natar tahun ajaran 2018. Kata kunci : model pembelajaran kooperatif, Jigsaw, hasil belajar tematik
Copyrights © 2018