Jurnal EduBio Tropika
Vol 5, No 2 (2017): Jurnal EduBio Tropika

Pengaruh model pembelajaran discovery learning pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Tgk. Chik Oemar Diyan

Desi Heryani (Unknown)
Cut Nurmaliah (Unknown)
Djufri Djufri (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangantumbuhan di Madrasah Aliyah Tgk Chik Oemar Diyan Aceh Besar. Metode penelitian adalah eksperimen dengan rancangan pretest posttest control group design. Sampel penelitian yaitu, kelas XII IPA 1 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan XII IPA 2 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan soal tes berupa pilihan ganda untuk menilai hasil belajar dan lembar observasi untuk menilai keterampilan proses sains. Analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikan 0,05.Hasil uji t untuk hasil belajar siswa menunjukkan bahwa yaitu (thit.3,833 ttab. 2,002) danuntuk keterampilan proses sains siswa memiliki katagori baik dan sangat baik. Pencapaian untuk katagori sangat baik mengalami peningkatan pada setiap praktikum. Simpulannya adalah terdapat peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen setelah penerapan model pembelajaran discoverylearning pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan di Madrasah Aliyah Tgk Chik Oemar Diyan.Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains dan MA Tgk. Chik Oemar Diyan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JET

Publisher

Subject

Description

Journal EduBio Tropical published twice a year in April and October, containing text that was lifted from the results of research in the field of education of biology and biological sciences. Article review (review article) loaded on the invitation. ...