Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangantumbuhan di Madrasah Aliyah Tgk Chik Oemar Diyan Aceh Besar. Metode penelitian adalah eksperimen dengan rancangan pretest posttest control group design. Sampel penelitian yaitu, kelas XII IPA 1 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan XII IPA 2 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan soal tes berupa pilihan ganda untuk menilai hasil belajar dan lembar observasi untuk menilai keterampilan proses sains. Analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikan 0,05.Hasil uji t untuk hasil belajar siswa menunjukkan bahwa yaitu (thit.3,833 ttab. 2,002) danuntuk keterampilan proses sains siswa memiliki katagori baik dan sangat baik. Pencapaian untuk katagori sangat baik mengalami peningkatan pada setiap praktikum. Simpulannya adalah terdapat peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen setelah penerapan model pembelajaran discoverylearning pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan di Madrasah Aliyah Tgk Chik Oemar Diyan.Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains dan MA Tgk. Chik Oemar Diyan.
Copyrights © 2017