Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 6, No 1 (2015): APRIL 2015

PENGARUH PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTU HANDOUT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA FISIKA KELAS VII SMP WALISONGO 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Laily Rosida (Pendidikan Fisika Universitas PGRI Semarang)
Ernawati Saptaningrum (Pendidikan Fisika Universitas PGRI Semarang)
Joko Siswanto (Pendidikan Fisika Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan dan mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Reciprocal Teaching berbantu Handout terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP. Penelitian dilaksanakan di SMP Walisongo 1 Semarang pada tanggal 18 Agustus sampai 30 Agustus 2014. Desain penelitian ini adalah quasi experimental design yang dapat digunakan untuk melihat pengaruh perlakuan terhadap pencapaian kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi penelitian adalah semua kelas VII yang berjumlah empat kelas. Sampel penelitian yang diambil adalah dua kelas, yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Analisis akhir menggunakan uji-t pihak kanan. Pada uji t pihak kanan diperolah thitung (3,62)> ttabel (t1-α) (1,67), hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pembelajaran yang dilaksanakan di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...