LEMMA: Letters Of Mathematics Education
Vol 4, No 1 (2017): LEMMA : Letters of Mathematics Education

PRELIMINARY PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MADRASAH ALIYAH

Yusmarni, Yusmarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2017

Abstract

   Kemampuan pemecahan masalah sebagai salah satu kemampaun esesnsial bagi siswa, masih belum tercapai secara maksimal. Terdapat beberapa faktor penyebab rendahnya kemampuan tersebut. Satu diantaranya adalah belum tersedianya bahan ajar yang secara optimal memfasilitasi siswa untuk menumbuh kembangkan kemampuan pemecahan masalah matematisnya. Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan Lembar kerja siswa berbasis konstruktivisme. Untuk materi matematika semester 2 Madrasah Aliyah yang valid, praktis dan efektif.Jenis Penelitian ini adalah Penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu preliminary research, prototyping phase, dan asessment phase. Pada fase prototyping phase dilakukan analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum, analisis konsep, serta analisis bahan ajar  yang telah ada. Pada fase prototype dilakukan perancangan RPP dan LKS berbasis konstruktivisme untuk materi matematika semester 2, kemudian dilakukan evaluasi formatif untuk menentukan kevalidan, dan kepraktisan produk berupa RPP dan LKS berbasis konstruktivisme. Pada Asessment phase dilakukan penilaian dengan uji praktikalitas dan efektivitas. Data efektivitas diperoleh dari hasil belajar siswa berupa tes akhir untuk melihat kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci: Model Plomp, Kemampuan pemecahan masalah, Konstruktivisme. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of LEMMA is a journal of mathematics education result written by all academics such as teacher, lecturer, researcher who has done peneitian in mathematics education. ...