LEMMA: Letters Of Mathematics Education
Vol 4, No 1 (2017): LEMMA : Letters of Mathematics Education

PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI

yurnalis, Yurnalis (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2017

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru matematika yang mengajar dikelas XI SMK N 2 Padangpanjang diperoleh informasi bahwa dalam pembelajaran matematika kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah. Siswa kurang mampu dalam menemukan konsepnya sendiri dan Sedikit sekali siswa yang mampu merubah soal cerita ke model matematika. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI SMK N 2 Padangpanjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMK N 2 Padangpanjang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI RPL 1. Analisis data untuk menguji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis  Karena  maka  ditolak. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of LEMMA is a journal of mathematics education result written by all academics such as teacher, lecturer, researcher who has done peneitian in mathematics education. ...