Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol 3, No 7: JULI 2018

Deskripsi Kesalahan Siswa pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV)

Yayuk Kuswanti (Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Sudirman Sudirman (Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang)
Toto Nusantara (Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2018

Abstract

Abstract: The aim of this research is to describe the students’ errors in solving system of equations in three variable problems based on Newman’s Error Analysis. Research subject is students grade X Madrasah Aliyah Al Irtiqo’ who make errors in solving SPLTV problems. The method of this research is test and interviews. The result of this research showed that there are six types of error made by students when solving SPLTV problems. Such errors are reading error, comprehenssion error, transformation error, process skill error, encoding error, and carelless error. The most common error found in this study were transformation, process skill, and encoding. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV) berdasarkan Newman’s Error Analysis. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Al Irtiqo’ yang melakukan kesalahan saat menyelesaikan masalah SPLTV yang diberikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam jenis kesalahan yang dilakukan siswa saat menyelesaikan masalah SPLTV. Kesalahan tersebut adalah kesalahan membaca masalah, memahami masalah, mentransformasi masalah, keterampilan proses, menuliskan jawaban akhir, dan kesalahan karena kecerobohan. Kesalahan terbanyak yang ditemukan pada penelitian ini adalah kesalahan mentransformasi masalah, keterampilan proses, dan menuliskan jawaban akhir.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...