Keberhasilan rantai pasok perusahaan (Supply chain Management) ditentukan oleh kelancaran aliran dari tiap mata rantai pasok perusahaan tersebut. Manajemen pembelian merupakan salah satu fungsi penting dalam rantai pasok yang bertanggung jawab dalam pembelian bahan baku perusahaan. Salah satu kegiatan dalam pembelian adalah pemilihan pemasok. Pemilihan pemasok merupakan masalah yang kompleks yang melibatkan multikriteria kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini membahas Toko Slora yang memiliki masalah pemilihan pemasok yakni keterlambatan dan kualitas barang yang tidak sesuai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan urutan ranking pemasok termasuk kriteria pemilihannya. Pemilihan pemasok dilakukan dengan metode Analytic Network Process (ANP). Pemilihan pemasok menggunakan ANP menunjukkan hasil yang berbeda dengan pemilihan pemasok sebelum menggunakan ANP pada perusahaan. Hal ini dikarenakan penggunaan metode ANP memperhatikan interaksi dan ketergantungan antar kriteria pemilihan. Denpasar Indah dan Nadhi menjadi pemasok yang berada di prioritas pertama dan kedua. Tiga kriteria yang memiliki peringkat tertinggi adalah Harga, Kualitas dan Kinerja di masa lalu.
Copyrights © 2018