Informatics for Educators and Professional : Journal of Informatics
Vol 2 No 2 (2018): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Juni 2018)

Pengembangan Game Puzzle Berbasis Android sebagai Media Edukasi Pengenalan Pahlawan Nasional

Ari Harnanto Nugroho (Sistem Informasi, STMIK Nusa Mandiri Jakarta)
Rachman Komarudin (Sistem Informasi, STMIK Nusa Mandiri Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2018

Abstract

Abstrak: Penggunaan game berbasis Android pada smartphone semakin banyak sehingga tidak dapat dipungkiri anak-anak semakin betah berlama-lama bermain Game Android dismartphonenya, hal ini yang menjadi problem tersendiri bagi proses pembelajaran anak-anak. Fokus perhatian kami adalah bagaimana proses pembelajaran bisa tetap berjalan ketika anak-anak bermain game Android. Dengan pengembangan game edukasi Puzzle Pahlawan sebagai media pembelajaran diharapkan mampu membantu proses pembelajaran serta meningkatkan motivasi dan antusiasme anak-anak dalam belajar mengenal Pahlawan Nasional melalui sebuah game. Pengembangan game puzzle berbasis android mengenal pahlawan nasional ini di lengkapi dengan gambar animasi bergerak, audio, teks dan dengan animasi yang dibuat akan memberikan kemudahan untuk anak-anak dalam mengenal pahlawan nasional Indonesia dan memudahkan anak-anak untuk memahami biografi pahlawan nasional yang ada di Indonesia. Berdasarkan pengujian Blackbox dan Whitebox Testing Menggunakan desain atau kode sebagai dasar digambarkan dengan menggunakan grafik alir dan kompleksitas siklomatis dari grafik alir resultan didapatkan kelayakan dan aplikasi ini telah memenuhi syarat. Kata kunci: Android, Game Puzzle, Pahlawan Nasional

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ITBI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Other

Description

INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika STMIK BINA INSANI. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang bertemakan: Networking, Aplikasi Sains, Animasi Interaktif, Pengolahan Citra, Sistem Pakar, ...