Jurnal Pelangi
Vol 9, No 1 (2016)

UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN RUANG SISWA SMP MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE

Edriati, Sofia (Unknown)
Suryani, Mulia (Unknown)
Putri, Winda Rahma (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman ruang siswa dengan menerapkan strategi Everyone is a Teacher Here lebih baik daripada pemahaman ruang siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN Xkota Padang yang terdiri dari delapan kelas.Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes berbentuk uraian yang telah diujicobakan pada siswa dengan karakteristik yang sama dengan populasi penelitian. Teknik analisis data tes akhir menggunakan uji t satu pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman ruang siswa dalam pembelajaran matematika yang menerapkanstrategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) lebih baik daripada pemahaman ruang siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2016