Jurnal Pelangi
Vol 9, No 1 (2016)

EFEKTIVITAS METODE STRATAGEM TERHADAP AKTIVITAS MAHASISWA

Yusri, Radhya (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2016

Abstract

Pemahaman konsep dan pembelajaran yang bersifat teacher centered diketahui sebagai faktor penyebab kurangnya aktivitas dan partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode stratagem efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa dalam pembelajaran matematika. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang sedang mengambil Mata Kuliah Geometri Ruang  yang terdiri dari 4 sesi yaitu sesi A sampai sesi  D. Sedangkan subjek penelitian adalah  mahasiswa Sesi D sebanyak 26 orang yang diambil secara Purposive dengan pertimbangan kebanyakan mahasiswanya kurang aktif dan kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran  adalah 82 % dari tiga pertemuan. Rata-rata persentase aktivitas mahasiswa pada pertemuan pertama 76%, pertemuan kedua 82%  dan pertemuan ketiga 87%. Hal ini menggambarkan terjadi peningkatan aktivitas mahasiswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode stratagem. Sehingga disimpulkan bahwa metode stratagem efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran matematika

Copyrights © 2016