Jurnal Pelangi
Vol 9, No 1 (2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) DALAM PENINGKATAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA

Wannasri, Wannasri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuanĀ  untuk mencari suatu strategi pembelajaran yang efektif dan Efisien dalam meningkatkan motivasi, aktivitas serta peningkatan hasil belajar bagi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Palembayan dengan cara mengaktifkan siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning). Strategi dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan , pelaksanaan , observasi dan refleksi. Sedang untukĀ  mengaktifkan siswa dalam penelitian ini , peneliti menggunakan lembar kerja yang diberikan kepada siswa di tiap kelompok. Subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Palembayan sedang objeknya adalah pembelajaran materi wawasan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan pada mata pelajaran Geografi yang diajarkan dengan cara mengaktifkan siswa dalam kelompok. Dari penelitian yang diadakan dengan meneliti kondisi awal siswa yang diukur dengan alat tes tertulis dan hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanya peningkatan hasil yang dicapai siswa dalam menguasai materi wawasan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan yang diberikan.

Copyrights © 2016