Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan sumber belajar sejarah di SMA Negeri se-Kota Magelang dalam Kurikulum 2013 dengan pokok permasalahan pengetahuan dan pemahaman guru sejarah mengenai sumber belajar sejarah, pemanfaatan sumber belajar sejarah di SMA Negeri 1 Magelang dan SMA Negeri 2 Magelang dan juga kendala-kendala yang dihadapi guru sejarah dalam pemanfaatan sumber belajar sejarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Magelang dan SMA Negeri 2 Magelang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru di SMA Negeri 1 Magelang dan SMA Negeri 2 Magelang telah mengetahui dan memahami mengenai sumber belajar sejarah baik dari jenis dan bentuknya, namun dalam pemanfaatan setiap guru berbeda dikarenakan guru lebih memilih sumber belajar yang paling dikuasai.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016