Indonesian Journal of History Education
Vol 5 No 1 (2017): Indonesian Journal of History Education

Kontribusi Materi Konflik dalam Pokok Bahasan Sejarah Lokal Kerajaan Demak Bagi Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XI IIS 2 SMA Islam Sultan Agung 2 Jepara

Khubaib, Abdurahman (Unknown)
Atmaja, Hamdan Tri (Unknown)
Sodiq, Ibnu (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis pengaruh materi konflik dalam pembelajaran sejarah pada pokok bahasan sejarah lokal Kerajaan Demak bagi kesadaran sejarah siswa serta, (2) apresiasi siswa terhadap materi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian jenis kualitatif dengan strategi deskriptif. Sumber data berasal dari informan, aktivitas pebelajaran dan dokumen. Tekhnik pengumpulan data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil dari penelitian ini telah dirangkum ke dalam 2 poin penting dimana menunjukan bahwa (1) pembelajaran sejarah yang menggunakan sub materi sejarah lokal berkontribusi dalam tingkat kesadaran sejarah. Dengan belajar dari konflik yang terjadi di Kerajaan Demak, peserta didik dapat mengantisipasi agar kejadian tersebut tidak terulang lagi di masa yang akan datang, serta (2) Apresiasi yang ditunjukkan peserta didik pun sangat baik terhadap materi yang lingkupnya dekat dengan peserta didik.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ijhe

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesia Journal of History Education (IJHE) adalah jurnal yang menerbitkan artikel hasil penelitian atau konseptual tentang pendidikan sejarah yang meliputi kajian kurikulum sejarah, proses pembelajaran, media dan sumber belajar sejarah, inovasi pendidikan sejarah dan pendidikan. IJHE merupakan ...