Pemahaman terhadap matematika, dari kemampuan yang bersifat keahlian sampai kepadapemahaman yang bersifat apresiatif akan berhasil mengembangkan kemampuan sains danteknologi yang cukup tinggi. Proses pembelajaran membutuhkan metode yang tepat. Kesalahanmenggunakan metode dapat menghambat tercapainya tujuan pendidikan yang diinginkan. Dampaklain adalah rendahnya kemampuan bernalar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal inidisebabkan karena dalam proses siswa kurang dilibatkan dalam situasi optimal untuk belajar,pembelajaran cenderung berpusat pada guru dan klasikal. Selain itu siswa kurang dilatih untukmenganalisis permasalahan matematika, jarang sekali siswa menyampaikan ide untuk menjawabpertanyaan bagaimana proses penyelesaian soal yang dilontarkan guru. Pemecahan masalahdibangun oleh konsep-konsep pemecahan dan pemecahan masalah. Masalah (problem) adalahsuatu situasi yang tak jelas jalan pemecahannya yang mengkonfrontasikan individu atau kelompokuntuk. Berdasarkan hasil tes 1 diperoleh persentase 77,39% dengan kriteria cukup. Sedangkanhasil tes 2 diperoleh persentase 83,04% dengan kriteria baik. Dari hasil tersebut, maka dapatdikatakan bahwa proses penelitian melalui strategi inquiry dengan pemecahan masalah sudahberhasil, sehingga proses penelitian sudah selesai.Kata Kunci: Pemahaman konsep, pemecahan masalah, strategi inquiry, model matematika
Copyrights © 2015