Jurnal Inspirasi Pendidikan
Vol 5 No 2 (2015): Agustus 2015

PENERAPAN TEOREMA BRUNER PADA PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI

Nyamik Rahayu Sesanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2015

Abstract

Trigonometri merupakan materi pendukung untuk mata kuliah lainnya, seperti kalkulus 2,kalkulus peubah banyak, kalkulus lanjut, struktur aljabar 1 dan persamaan diferensial. Oleh sebabitu, mahasiswa harus dapat menguasai konsep trigonometri secara matang agar bisa memahamimata kuliah tersebut . Selain itu materi trigonometri diberikan kepada siswa SMA di kelas X, XI,dan XII, sehingga mahasiswa sebagai calon guru harus sudah menguasainya sebagai bekal yangdapat dimanfaatkan pada saat PPL di SMA untuk semua kelas dan pada saat menjadi guru SMA.Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaranTeorema Bruner pada trigonometri dan mengetahui hasil belajar mahasiswa setelah penerapanTeorema Bruner dalam pembelajaran trigonometri. Jenis penelitiannya adalah Penelitian TindakanKelas. Subyek penelitian terdiri 36 mahasiswa yang memiliki kemampuan heterogen. Data yangdikumpulkan kemudian dianalisis secara kuntitatif dan kualitatif. Pembelajaran yang dilaksanakanpada penelitian ini berdasarkan Teorema Bruner yaitu teorema kontruksi,teorema contras danvariasi, dan teorema koneksi. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa mampu untukmengkonstruksi konsep dasar trigonometri dan memberikan contoh yang bervariasi dan kontras.Mahasiswa juga mampu menjelaskan kembali konsep dasar trigonometri kepada temannya. Proseskoneksitas mahasiswa juga semakin meningkat dengan adanya pengajuan pertanyaan-pertanyaanyang berkaitan dengan konsep dasar trigonometri. Dengan demikian hasil belajar mahasiswa jugameningkat.Kata kunci: Trigonometri, Teorema Bruner , Hasil belajar

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jrnspirasi

Publisher

Subject

Education

Description

The Jurnal Inspirasi Pendidikan is a publication that contains the results of critical research and studies in the fields of education and teaching. Published twice in one year by the Association of Educators of Universitas Kanjuruhan Malang. This journal is expected to be the medium of publication ...