Trigonometri merupakan materi pendukung untuk mata kuliah lainnya, seperti kalkulus 2,kalkulus peubah banyak, kalkulus lanjut, struktur aljabar 1 dan persamaan diferensial. Oleh sebabitu, mahasiswa harus dapat menguasai konsep trigonometri secara matang agar bisa memahamimata kuliah tersebut . Selain itu materi trigonometri diberikan kepada siswa SMA di kelas X, XI,dan XII, sehingga mahasiswa sebagai calon guru harus sudah menguasainya sebagai bekal yangdapat dimanfaatkan pada saat PPL di SMA untuk semua kelas dan pada saat menjadi guru SMA.Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaranTeorema Bruner pada trigonometri dan mengetahui hasil belajar mahasiswa setelah penerapanTeorema Bruner dalam pembelajaran trigonometri. Jenis penelitiannya adalah Penelitian TindakanKelas. Subyek penelitian terdiri 36 mahasiswa yang memiliki kemampuan heterogen. Data yangdikumpulkan kemudian dianalisis secara kuntitatif dan kualitatif. Pembelajaran yang dilaksanakanpada penelitian ini berdasarkan Teorema Bruner yaitu teorema kontruksi,teorema contras danvariasi, dan teorema koneksi. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa mampu untukmengkonstruksi konsep dasar trigonometri dan memberikan contoh yang bervariasi dan kontras.Mahasiswa juga mampu menjelaskan kembali konsep dasar trigonometri kepada temannya. Proseskoneksitas mahasiswa juga semakin meningkat dengan adanya pengajuan pertanyaan-pertanyaanyang berkaitan dengan konsep dasar trigonometri. Dengan demikian hasil belajar mahasiswa jugameningkat.Kata kunci: Trigonometri, Teorema Bruner , Hasil belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015