Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah –langkah pembelajaran Two Stay TwoStray yang meningkatkan komunikasi matematis pada materi relasi dan fungsi di kelas VIIISMP Al Inayah Purwosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secarakolaboratif yang dilakukan untuk meningkatkan komunikasi siswa pada materi relasi danfungsi. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dilaksanakan diSMP Al Inayah Purwosari, Pasuruan pada semester gasal. Subjek penelitian ini adalah siswakelas VIII. Data dalam penelitian ini adalah hasil validasi perangkat pembelajaran dalamlembar validasi, skor siswa dalam mengerjakan tes, hasil observasi aktivitas guru dan siswadalam lembar observasi, hasil wawancara terhadap 4 subjek penelitian, hasil catatan lapanganselama pembelajaran berlangsung. Hasil Penelitian berdasarkan hasil tes pertama terdapat 19siswa yang memporelah nilai ≥ 65 dan siswa yang memperoleh nilai ≤ 65 sebanyak 9 siswa,dengan nilai tertinggi sebesar 90, nilai terendah sebesar 52 dan rata – rata kelas 74,10.Berdasarkan perolehan nilai hasil tes tersebut berarti ketuntasan klasikal adalah 71%. Padasiklus II terjadi peningkatan komunikasi matematis siswa yang diikuti dengan peningkatanapemahaman siswa terbukti adanya peningkatan nilai rata – rata dari 74,10 menjadi 81,17 danpeningkatan ketuntasan klasikal sebesar 18, 28 %, yaitu dari 71% meningkat menjadi 89, 28%.Kata Kunci : pembelajaran two stay two stray, peningkatan komunikasi matematis, relasidan fungsi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015