MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology
Vol 2, No 1 (2017): JULY

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Mnemonik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Surabaya

Yuliana, Marissa (Unknown)
Suryaningtyas, Wahyuni (Unknown)
Shoffa, Shoffan (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode Mnemonik terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surabaya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantifatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Surabaya. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian adalah kelas X-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil nilai uji t satu pihak, diperoleh posttest 1 dengan  dan posttest 2 dengan  maka  diterima sehingga didapatkan hasil bahwa rata-rata skor tes akhir pada kelompok eksperimen lebih baik daripada rata-rata skor tes akhir pada kelompok kontrol. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tipe STAD dengan metode mnemonik berpegaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, (2) Hasil presentase angket respon siswa diperoleh bahwa (pada pernyataan angket positif) 29,4% siswa Sangat Setuju dan 61,3% siswa Setuju dengan model pembelajaran tipe STAD dengan metode mnemonik pada pelajaran matematika dengan materi Trigonometri, ini berarti banyak siswa pada kelompok kelas eksperimen merespon baik terhadap model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode mnemonik dikelas.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

MUST is a journal of mathematics education, science, and technology published by the Faculty of Teacher Training and Education, Muhammadiyah University of Surabaya. This journal focuses on the publication of research results and scientific articles on mathematics education, science, and technology. ...