MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology
Vol 2, No 2 (2017): DECEMBER

Efektivitas Model Guided Discovery Learning untuk Video Pembelajaran dalam Mengetahui Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Khilya Ulfa (Universitas PGRI Semarang)
Achmad Buchori (Universitas PGRI Semarang)
Yanuar Hery Murtianto (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1)Apakah terdapat perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pembelajaran guided discovery learning berbantu video pembelajaran dengan software Aurora 3D Presentation dan Camtasia Studio dengan model pembelajaran konvensional (2) Apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran guided discovery learning berbantu video pembelajaran dengan software Aurora 3D Presentation dan Camtasia Studio lebih baik dari siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional (3)Apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dierikan perlakuan mencapai tuntas secara klasikal maupun individual. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling terpilih kelas XI Akuntansi 1 yang diberikan perlakuan dan kelas XI Pemasaran 2 yang diberikan model konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode non tes. Berdasarkan uji prasyarat disimpulkan bahwa sampel berdistribusi normal, mempunyai varians yang sama, dan mempunyai kemampuan awal yang sama. Hasil penelitiannya adalah terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan pembelajaran model guided discovery learning berbantuan video pembelajaran dan pembelajaran konvensional, model pembelajaran guided discovery learning berbantu video pembelajaran lebih baik dari pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model Guided Discovery Learning berbantuan video pembelajaran mencapai tuntas klasikal maupun individual.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

MUST is a journal of mathematics education, science, and technology published by the Faculty of Teacher Training and Education, Muhammadiyah University of Surabaya. This journal focuses on the publication of research results and scientific articles on mathematics education, science, and technology. ...