Jurnal Ilmiah Pena: Sains dan Ilmu Pendidikan
Vol 8, No 2 (2016): Jurnal Ilmiah Pena Volume 8 Nomor 2 November 2016

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TELUR PADA PETERNAKAN AYAM RAS SKALA BESAR DI KABUPATEN SIDRAP

Andi Sawe Ri Esso (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang sesuai diterapkan oleh peternakan ayam ras petelur skala besar dalam merespon persaingan pasar.Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Sidrap, Propinsi Sulawesi Selatan.  Waktu penelitian dilaksanakan selama 2 (dua) bulan yaitu bulan Juni  sampai dengan Juli 2011. Sampel untuk peternakan ayam ras petelur sebanyak 19 peternak. Setelah dilakukan observasi awal dan diperoleh data-data yang diperlukan selanjutnya sampel yang ada dikurangi dan dipilih sampel yang dianggap cukup representatif  untuk memperoleh data yang lebih dalam lagi dengan metode Focus Group Discussion (FGD). Berdasarkan hasil penelitian diketahui hasil analisis faktor internal peternakan ayam ras skala besar menggunakan IFE diperoleh skor 2.82 dan hasil analisis faktor eksternal menggunakan EFE diperoleh skor 2.51 sehingga menempatkan peternakan ayam ras skala besar pada sel V, strategi perusahaan yang berada dalam sel v yaitu  Pertahankan dan Pelihara. Tipe strategi utama yang dapat diterapkan adalah strategi intensif,  yaitu strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. 

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Ilmiah “Pena” (JIP) adalah media komunikasi ilmiah, Pemikiran serta hasil-hasil penelitian Sains dan Ilmu Pendidikan yang dilaksanakan oleh Dosen STKIP Pembangunan Indonesia Makassar dan Peneliti dari Lembaga Pendidikan maupun Riset terkait. Jurnal ini terbit berkala enam bulanan ...