Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia
Vol 22, No 2 (2015): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXII No.2 Oktober 2015

Peningkatan Kemampuan Kepala Sekolah dalam menyusun Rencana Kerja Sekolah melalui Pendampingan Manajerial secara Kolaboratif di SMA Binaan Kota Batu

Setiyaningwati, Titi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2017

Abstract

Abstrak:                    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan  Sekolah dalam menyusun Rencana Kerja  Sekolah ( RKS ) melalui Pendampingan Manajerial secara Kolaboratif di Sekolah binaan yaitu di SMA  Kota Batu. Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan  Sekolah   dengan   melibatkan 7 ( Tujuh ) orang Kepala Sekolah dimana 5 Kepala Sekolah belum  mampu menyusun RKS secara maksimal. Penelitian dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu : Perencanaan , Pelaksanaan, Obervasi dan Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui Pendampingan Manajerial secara Kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan Kepala  Sekolah dalam menyusun Rencana Kerja  Sekolah (RKS )  sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Berdasarkan hasil analisis pada masing masing siklus menunjukkan peningkatan kemampuan Kepala Sekolah dalam menyusun RKS yakni : adanya peningkatan kinerja Kepala  Sekolah sehingga mampu menyusun Rencana Kerja  Sekolah ( RKS ) dari Siklus I sebesar 74,70 menjadi 81,37. Kata Kunci : Kemampuan Kepala  Sekolah, Rencana Kerja Sekolah, Manajerial Kolaboratif Abstract: This study aims to improve the ability of schools in preparing the Work Plan School (RKS) through Mentoring Collaborative School Managerial be built that is in high school in Batu. This study classified Schools Action Research involving 7 (Seven) the Principal of which 5 Principal has not been able to prepare optimally RKS. The study was conducted in two cycles, each cycle consisting of four phases, namely: Planning, Implementation, observation and Reflection. The results showed that through Mentoring Collaborative Managerial be able to improve the Principal in preparing the Work Plan School (RKS) in accordance with the prescribed criteria. Based on the analysis in each cycle show an increase in the ability of the principal in formulating RKS namely: an increase in performance Principal so as to prepare a Work Plan School (RKS) of the first cycle was 74.70 into 81.37. Keywords: Ability Principal in preparing, School Plan, Managerial Assistance in Collaborative

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JAPSPs

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Administrasi Pendidikan (JAP) published on 2003 with the ISSN: p.1412-8152 e.2580-1007 and issued by Program Studi Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. JAP is a journal that focuses on publishing qualitative and quantitative research articles in the ...