Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia
Vol 7, No 1 (2010): APRIL 2010

PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN AKUNTABILITAS PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI PADA SMA DI KABUPATEN BLORA)

Kadi Kadi (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2017

Abstract

Penelitian ini mengkaji seberapa besar pengaruh supervisi akademik dan budaya sekolah terhadap peningkatan akuntabilitas profesional guru pendidikan agama Islam Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Blora. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan didukung oleh metode deskriptif pada populasi guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas wilayah Kabupaten Blora. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran angket, dan didapat 37 orang responden sebagai populasi penelitian. Akuntabilitas Profesional Guru PAI adalah orang yang menyandang suatu profesi sebagai guru Agama Islam dan penampilannya dalam melakukan pekeijaannya yang sesuai dengan profesinya, supervisi akademik: supervisi yang menitik beratkan pengamatan supervisor kepada masalah-masalah akademik.yaitu hal-hal yang langsung berada dalam lingkungan kegiatan pembelajaran pada waktu siswa sedang dalam proses mempelajari sesuatu dan yang dimaksud budaya sekolah adalah nilai-nilá dasar sekolah yang merupakan harapan-harapan atas perilaku yang diinginkan secara umum d) sekolah. Hasil penelitian membuktikan bahwa 1) supervisi akademik memiliki kontribusi yang positif dan signifikan terhadap tinggi rendahnya akuntabilitas profesional guru sebesar 31 %. 2) Budaya Sekolah memiliki kontribusi yang positif dan signifikan terbadap akuntabilitas profesional guru sebesar 30,04%.3) Supervisi Akademik dan Budaya Sekolah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap tinggi rendahnya akuntabilitas profesional guru, sebesar 39,80%.

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

JAPSPs

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Administrasi Pendidikan (JAP) published on 2003 with the ISSN: p.1412-8152 e.2580-1007 and issued by Program Studi Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. JAP is a journal that focuses on publishing qualitative and quantitative research articles in the ...