Jurnal An-Nahdhah
Vol 11, No 1 (2017)

Supervisi Akademik dalam Peningkatan Keterampilan Guru dalam Mendesain Bahan Ajar Berbasis IT Melalui Latihan Terbimbing

Arif, Syamsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2018

Abstract

Dalam proses pembelajaran yang menjadi aspek utama adalah guru, maka layanan dan aktivitas kesupervisian harus diarahkan kepada upaya perbaikan dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan belajar mengajar. Untuk itu guru harus memiliki kemampuan personal, kemampuan profesional dan kemampuan sosial. Maka dari itu “supervisi” dapat dirumuskan sebagai serangkaian usaha pemberian bantuan kepada guru dalam bentuk layanan profesional yang diberikan oleh supervisor (Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, dan Pembina lainnya) guna meningkatkan mutu proses dan hasil belajar mengajar.Supervisi Akademik lebih menekankan pada pembinaan guru, maka disebut juga “Pembinaan Profesional Guru” yaitu pembinaan yang lebih diarahkan pada upaya memperbaiki dan meningkatkan kemampuan profesional guru. Dengan demikian supervisi dapat dibedakan menjadi 2 yaitu supervisi umum (manajerial) dan supervisi akademik. Supervisi umum dilakukan untuk seluruh kegiatan teknis administrasi sekolah (manajerial), sedangkan supervisi akademik lebih diarahkan pada peningkatan kualitas pembelajaran dan pembahasan lebih menekankan pada penyusunan perangkat perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru.Kata Kunci : Supervisi Akademik, Peningkatan Keterampilan Guru dan Latihan Terbimbing

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

annahdhah

Publisher

Subject

Astronomy Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Other

Description

Jurnal An-Nahdhah adalah Jurnal dengan konsentrasi pendidikan dan hukum. Terbit 2 kali selama setahun. Dengan ISSN 1979-3391. Kajian yang dibahas dalam Jurnal An-Nahdhah adalah tulisan hasil penelitian dan kajian pustaka. Beberapa kajian dalam jurnal An-Nahdhah yang dipublikasi semoga bisa menjadi ...