Dalam proses pembelajaran yang menjadi aspek utama adalah guru, maka layanan dan aktivitas kesupervisian harus diarahkan kepada upaya perbaikan dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan belajar mengajar. Untuk itu guru harus memiliki kemampuan personal, kemampuan profesional dan kemampuan sosial. Maka dari itu âsupervisiâ dapat dirumuskan sebagai serangkaian usaha pemberian bantuan kepada guru dalam bentuk layanan profesional yang diberikan oleh supervisor (Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, dan Pembina lainnya) guna meningkatkan mutu proses dan hasil belajar mengajar.Supervisi Akademik lebih menekankan pada pembinaan guru, maka disebut juga âPembinaan Profesional Guruâ yaitu pembinaan yang lebih diarahkan pada upaya memperbaiki dan meningkatkan kemampuan profesional guru. Dengan demikian supervisi dapat dibedakan menjadi 2 yaitu supervisi umum (manajerial) dan supervisi akademik. Supervisi umum dilakukan untuk seluruh kegiatan teknis administrasi sekolah (manajerial), sedangkan supervisi akademik lebih diarahkan pada peningkatan kualitas pembelajaran dan pembahasan lebih menekankan pada penyusunan perangkat perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru.Kata Kunci : Supervisi Akademik, Peningkatan Keterampilan Guru dan Latihan Terbimbing
Copyrights © 2017