Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Vol 5, No 2 (2015): Madania

PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL di PANTAI TIMUR SUMATERA

Koy Sahbudin Harahap (dosen pada STAI Rokan Bagan Batu)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2015

Abstract

Aspek keragaman yang menjadi esensi dari konsep multikultural dan kemudian berkembang menjadi sebuah gerakan yang disebut dengan multikulturalisme. Keragaman budaya, agama, suku, dan bahasa di Indonesia di satu sisi merupakan kekayaan yang patut dibanggakan, namun di sisi lain juga seringkali menimbulkan permasalahan bahkan konflik vertikal dan horizontal. Kondisi ini memberikan gagasan paradigma pendidikan Islam berbasis multikultural sebagai solusi. Lepas dari pro kontra yang terjadi terhadap paradigma ini sebagai wacana Barat. Multikulturalisme merupakan sunnatullah dan fakta yang tidak bisa terlepas dari pendidikan. Dalam Islam konsep multikulturalisme telah dijelaskan dalam berbagai perspektif baik secara normatif dan historis dengan yang berlandaskan kepada ayat-ayat al-qur’an dan hadis. Oleh sebab itu dengan keragaman bangsa Indonesia, konsep integrasi ilmu pengetahuan dalam pendidikan merupakan suatu solusi mengatasi Multikulturalisme yang ada dalam pendidikan Islam dengan bentuk eksplorasi dan implementasi nilai-nilai Islam di Indonesian khususnya diwilayah Pantai Timur Sumatera.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

madania

Publisher

Subject

Other

Description

MADANIA: Jurnal-Jurnal Keislaman (ISSN Print: 2088-3226|ISSN Online: 2620-8210) adalah jurnal yang memuat tentang hasil penelitian, gagasan konseptual, review buku baru, studi naskah di bidang Keislaman, Keilmuan, dan Kemanusiaan, dengan konsentrasi pada disiplin ilmu Tarbiyah, Syari’ah, ...