Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Vol 8, No 1 (2018): Madania

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI untuk MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA

Afnan Afnan (Guru Fisika SMK Tunas Karya Pekanbaru)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran Ekspositori dapat meningkatkan hasil belajar fisika pada materi suhu dan kalor Siswa X TKR ( Teknik Kendaraan Ringan ) di SMK Tunas Karya Pekanbaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek  penelitian adalah siswa kelas X TKR ( Teknik Kendaraan Ringan )  SMK Tunas Karya dengan jumlah 34 orang siswa yang terdiri dari 30 orang siswa laki-laki dan 4 orang siswa perempuan. Data penelitian berupa hasil belajar yang didapatkan dari tes dan aktivitas siswa yang diperoleh melalui observasi oleh observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran ekspositori  berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh strategi tersebut terhadap ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 52,94 % dan meningkat menjadi 88,23 % pada siklus II. Sedangkan aktifitas siswa hanya mencapai kategori rendah dengan skor  115 pada siklus I dan meningkat menjadi 200 dengan kategori tinggi pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Ekspositori dapat meningkatkan hasil belajar fisika sekaligus aktivitas Siswa Kelas X TKR ( Teknik Kendaraan Ringan ) di SMK Tunas Karya Pekanbaru

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

madania

Publisher

Subject

Other

Description

MADANIA: Jurnal-Jurnal Keislaman (ISSN Print: 2088-3226|ISSN Online: 2620-8210) adalah jurnal yang memuat tentang hasil penelitian, gagasan konseptual, review buku baru, studi naskah di bidang Keislaman, Keilmuan, dan Kemanusiaan, dengan konsentrasi pada disiplin ilmu Tarbiyah, Syari’ah, ...