Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Vol 8, No 1 (2018): Madania

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEMBERIAN TUGAS RUMAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS VIII-B SMP NEGERI 3 TAPUNG

MEGA PRIHATINI (SMP NEGERI 3 TAPUNG)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar PKn siswa kelas VIII-B SMP Negeri 3 Tapung tahun pelajaran 2016/2017 setelah penerapan pembelajaran pemberian tugas rumah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Agustus sampai Oktober 2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 3 Tapung yang berjumlah 38 orang siswa yaitu 23 orang siswa putra dan 15 orang siswa putri. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Hasil analisis data deskritif tentang hasil belajar siswa diperoleh bahwa pada siklus I hasil daya serap peserta didik sebelum PTK yaitu 74.5. Setelah PTK pada siklus I sebesar 83.2. Pada siklus II sebesar 85.8. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran pemberian tugas rumah dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 3 Tapung tahun pelajaran 2016/2017.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

madania

Publisher

Subject

Other

Description

MADANIA: Jurnal-Jurnal Keislaman (ISSN Print: 2088-3226|ISSN Online: 2620-8210) adalah jurnal yang memuat tentang hasil penelitian, gagasan konseptual, review buku baru, studi naskah di bidang Keislaman, Keilmuan, dan Kemanusiaan, dengan konsentrasi pada disiplin ilmu Tarbiyah, Syari’ah, ...