Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Vol 2, No 1 (2012): Madania

WACANA PENDIDIKAN MULTIKULTURAL Mencari Relavansinya dalam Pendidikan Islam

Muhammad Sahan (Ketua dan Dosen STAI Madinatun Najah Rengat – Indragiri Hulu.)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2012

Abstract

Tulisan ini dilatarbelakangi oleh adanya persoalan tentang banyaknyakonflik atas nama agama dan etnis, juga karena masyarakat Indonesia terdiri dari banyak ragam suku dan agama. Maka, pencarian bentuk pendidikan alternatif mutlak diperlukan. Yaitu suatu bentuk pendidikan yang berusaha menjaga kebudayaan suatu masyarakat dan mentransformasikan kepada generasi berikutnya, menumbuhkan akan tata nilai, memupuk persahabatan antara siswa yang beraneka ragam suku, ras, etnis dan agama, mengembangkan sikap saling memahami, serta mengerjakan keterbukaan dan dialog.Pendidikan multicultural dalam pendidikan Islam adalah penekanan pembelajaran agama Islam yang menjungjung tinggi dan berusaha mengembangkan potensi untuk bersama melaksanakan kepentingan kemanusiaan. Karena seluruh agama selalu mengklaim demi keselamatan manusia. Di sini pendidikan agama, terutama pendidikan Islam, memiliki peran penting untuk menumbuhkan sikap awal agar bisa bekerja sama dengan agama atau keyakinan yang lain. Pendidikan agama harus memungkinkan tumbuhnya persaudaraan dalam kebersamaan menemukan tradisi ilahi yang sama pada setiap agama,sehingga bisa bersama membangun dunia baru yang lebih bermakna bagi seluruh umat manusia

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

madania

Publisher

Subject

Other

Description

MADANIA: Jurnal-Jurnal Keislaman (ISSN Print: 2088-3226|ISSN Online: 2620-8210) adalah jurnal yang memuat tentang hasil penelitian, gagasan konseptual, review buku baru, studi naskah di bidang Keislaman, Keilmuan, dan Kemanusiaan, dengan konsentrasi pada disiplin ilmu Tarbiyah, Syari’ah, ...