Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri
2012: SNTIKI 4

Pengembangan Model Kompetensi Peningkatan Skill Mahasiswa

Suranto Suranto (Teknik Industri – Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2012

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model kompetensi mahasiswa dalam rangka peningkatan keterampilan dan pengetahuan mahasiswa. Model dikembangkan melalui doing (praktik langsung) dan empowering (pemberdayaan). Langkah pengembangan meliputi: (1) desain model, desain instrumen angket, dan validasi terhadap model, dengan pengukuran goodness of fit; (2) ujicoba model untuk mengukur efektifitas kerja model. Validasi model diambil 40 mahasiswa yang mendapat perlakuan doing dan empowering dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan angket. Data dianalisis melalui konsep SEM (Structural Equation Modeling). Metode yang digunakan dalam ujicoba lapangan adalah eksperimen semu, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (pretest-posttest control group design). Subjek ujicoba sebanyak 20 mahasiswa pada program studi teknik informatika kelas reguler yang dikenai program kompetensi disebut kelompok eksperimen dan 20 mahasiswa pada program studi teknik informatika komputer kelas mandiri disebut sebagai kelompok kontrol yang tidak dikenai program kompetensi. Data dianalisis menggunakan t-test untuk mengetahui perbedaan secara signifikan perilaku kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.Hasil penelitian pengembangan model kompetensi ini dinyatakan valid sesuai nilai Probability (p) 0.0781, Goodness of Fit Model (GFI) 0.8265, Adjusted Goodness of Fit Index (AGFI) 0.8760, Comparative Fit Index (CFI) 0.9838, dan Root Mean Square Error of Approximation (RMSEA) 0.0570. Model ini dinilai efektif karena mampu meningkatkan kompetensi keterampilan mahasiswa. Hasil analisis konfirmatori (CFA) menunjukkan bahwa setiap variabel laten terbukti dibentuk oleh manifest-manifes satu dimensi. Model diterapkan memiliki dampak kecenderungan positif dalam rangka peningkatan keterampilan mahasiswa, setelah mendapat perlakuan program kompetensi. Variabel laten capaian hasil keterampilan direfleksikan oleh manifes: (1) siap kerja, (2) mandiri berwirausaha, (3) keterampilan manajerial, (4) kompetensi lulusan, (5) indeks prestasi, (6) mental kreatif dan inovatif.Kata kunci: kompetensi, keterampilan, mahasiswa

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

SNTIKI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mathematics

Description

SNTIKI adalah Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri yang diselenggarakan setiap tahun oleh Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. ISSN 2579 7271 (Print) | ISSN 2579 5406 ...