Penelitian ini bertujuan mengembangkan model kompetensi mahasiswa dalam rangka peningkatan keterampilan dan pengetahuan mahasiswa. Model dikembangkan melalui doing (praktik langsung) dan empowering (pemberdayaan). Langkah pengembangan meliputi: (1) desain model, desain instrumen angket, dan validasi terhadap model, dengan pengukuran goodness of fit; (2) ujicoba model untuk mengukur efektifitas kerja model. Validasi model diambil 40 mahasiswa yang mendapat perlakuan doing dan empowering dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan angket. Data dianalisis melalui konsep SEM (Structural Equation Modeling). Metode yang digunakan dalam ujicoba lapangan adalah eksperimen semu, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (pretest-posttest control group design). Subjek ujicoba sebanyak 20 mahasiswa pada program studi teknik informatika kelas reguler yang dikenai program kompetensi disebut kelompok eksperimen dan 20 mahasiswa pada program studi teknik informatika komputer kelas mandiri disebut sebagai kelompok kontrol yang tidak dikenai program kompetensi. Data dianalisis menggunakan t-test untuk mengetahui perbedaan secara signifikan perilaku kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.Hasil penelitian pengembangan model kompetensi ini dinyatakan valid sesuai nilai Probability (p) 0.0781, Goodness of Fit Model (GFI) 0.8265, Adjusted Goodness of Fit Index (AGFI) 0.8760, Comparative Fit Index (CFI) 0.9838, dan Root Mean Square Error of Approximation (RMSEA) 0.0570. Model ini dinilai efektif karena mampu meningkatkan kompetensi keterampilan mahasiswa. Hasil analisis konfirmatori (CFA) menunjukkan bahwa setiap variabel laten terbukti dibentuk oleh manifest-manifes satu dimensi. Model diterapkan memiliki dampak kecenderungan positif dalam rangka peningkatan keterampilan mahasiswa, setelah mendapat perlakuan program kompetensi. Variabel laten capaian hasil keterampilan direfleksikan oleh manifes: (1) siap kerja, (2) mandiri berwirausaha, (3) keterampilan manajerial, (4) kompetensi lulusan, (5) indeks prestasi, (6) mental kreatif dan inovatif.Kata kunci: kompetensi, keterampilan, mahasiswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2012